Kamis, 24 Maret 2016

Resep masakan Cara Memasak Tahu Petis Khas Semarang Yang Enak- resepinmasakan

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan yang satu ini? yaitu tahu petis, tahu petis memang banyak dijual di penjualan gorengan-gorengan yang berada dipinggir jalan. Makanan ini adalah salah satu kuliner khas jawa tengah, lebih tepatnya lagi di semarang. Meskipun diberbagai daerah, bahkan hampir diseluruh indonesia selalu ada makanan ini, semarang mempunyai resep khasnya, yaitu adalah saus atau petis yang dibuat dari udang. Bukan hanya itu saja, perpaduan rasa yang tercipta dari rempahnya begitu menggugah selera. Khususnya untuk anda penikmat gorengan sejati. Jangan melewatkan makanan yang satu ini, nih. Tahu petis ini biasa disantap bersama cabe rawit. Pastinya untuk anda yang menggemari pedas. untuk yang tidak menyukai pedas, disantap biasa saja telah terasa lezatnya. Dipakai untuk tambahan lauk juga bisa kok. Sebab tahu memang biasanya dikonsumsi dengan nasi bersama dengan pendampingnya, yaitu tempe. Anda juga bisa lho membuat tahu petis ini dirumah. Dengan berbekal tahu pong serta bumbu untuk petis saja anda telah dapat memebuatnya menjadi sajian istimewa. Tentu keluarga anda akan senang dengan sajian yang anda buat sendiri tersebut. Cemilan yang itu-itu saja pastinya akan membuat keluarga anda merasa bosan. Sebetulnya cara membuat tahu petis khas semarang ini lumayan simple. bahan-bahannya pun sangat mudah, Jikan anda penasaran ingin tahu resep cara memasak tahu petis khas semarang langsung saja kita simak resepnya berikut dibawah ini.

Resep Tahu Petis Khas Semarang
Cara Memasak Tahu Petis Khas Semarang Yang Enak, resep tahu petis khas semarang, cara membuat tahu petis khas semarang

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tahu Petis Khas Semarang Yang Lezat:
  • Sediakan tahu pong sekitar 20 buah, lalu goreng.
  • Sediakan cabe rawit hijau sesuai kebutuhan.
Bumbu Untuk Bikin Saus Petis:
  • Sediakan petis udang 3 sdm.
  • Sediakan kecap manis 2 sdm.
  • Sediakan tepung beras 3 sdm.
  • Sediakan bawang putih 3 siung, lalu haluskan.
  • Sediakan gula merah yang telah disisir sekitar 50 gram.
  • Sediakan air 300 ml.
  • Sediakan garam sesuai kebutuhan.
Cara Memasak Tahu Petis Khas Semarang Yang Enak:
  1. Panaskanlah minyak sesuai kebutuhan, lalu tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga aromanya keluar.
  2. Kemudian masukkan garam serta petis. aduk-aduk rata sampai tercampur dan beraroma wangi.
  3. Masukkan air beserta bahan-bahan yang lainnya, misalnya seperti kecap manis serta gula merah. lalu didihkan sambil diaduk-aduk agar merata.
  4. Tambahkan tepung beras yang telah disediakan dan aduk-aduk lagi, masak hingga menjadi kental campuran petisnya. lalu angkat.
  5. Sediakan tahu pong yang telah digoreng dan juga dibelah pada bagian tengah maupun sisinya, tambahkan campuran petis tadi kedalam belahan tahu.
  6. Ambilah piring saji dan susun tahu yang telah dikasih saus petis diatasnya. Tidak lupa ambilah beberapa cabe rawit hijau sebagai pendamping makannya.
Nah, bagaimana? gampang sekali bukan resep cara bikin tahu petis khas semarang ini? Walaupun tahu merupakan makanan yang sederhana saja, namun dapat diolah menjadi santapan yang sangat menggugah selera setiap orang. apabila menurut anda porsi yang tadi kita buat diatas kurang cukup, maka anda bisa menambahkan lagi jumlah porsinya sesuai dengan selera anda masing-masing.
Load disqus comments

0 komentar