Senin, 28 Maret 2016

Resep masakan Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Yang Enak Dan Segar- resepinmasakan

Asinan buah adalah salah satu jajanan yang khas dari kota bogor, yang mempunyai citarasa yang pedas, asam serta menyegarkan. pemakaian cabe dalam jumlah yang banyak membuat asinan begitu pedas, tetapi meskipun begitu tidak mengurangi hasrat masyarakat untuk menikmatinya. khususnya untuk pecinta makanan pedas, rasanya kurang sedap jika tingkat kepedasannya biasa-biasa saja. Asinan buah sebetulnya tidak mempunyai aturan yang pasti mengenai bahan-bahan pokok yang diperlukan. segala jenis macam buah yang memungkinkan bisa dijadikan asinan, misalnya seperti mangga, kedondong, salak, apel, nanas, jambu, mentimun dan lain sebagainya. tetapi yang paling umum dijadikan asinan yaitu adalah mangga, salak, kedondong, nanas, serta bengkuang. anda dapat mengkreasikan sendiri untuk bahan asinannya. Asinan buah khas kota bogor tidaklah susah untuk diolah, tidak ubahnya seperti membuat rujak buah tetapi proses serta bahan yang digunakan sedikit berbeda. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan beserta proses pembuatannya yang terbilang gampang.

 Resep Asinan Buah Khas Bogor

Bahan-Bahan Untuk Bikin Asinan Buah Khas Bogor Yang Lezat:
  • Sediakan gula pasir sekitar 100 gram.
  • Sediakan cabe merah besar 10 buah, lalu haluskan.
  • Sediakan cabe rawit 10 buah, lalu haluskan.
  • Sediakan asam jawa 1 sdm.
  • Sediakan cuka masak 2 sdm.
  • Sediakan garam dapur 2 sdm
  • Sediakan air sekitar 1500 ml.
Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Yang Nikmat:
  1.  Didihkanlah air, kemudian masukkan cabai merah besar, gula pasir, cabe rawit halus, asam jawa dan juga garam.
  2.  Masak sampai gula dan asam jawa larut, lalu angkat dan biarkan sampai dingin.
  3.  Apabila sudah dingin pindahkan kedalam wadah plastik dan barulah beri cuka.
  4.  Masukkan buah-buahan yang telah dipotong-potong.
  5.  Asinan buah sudah bisa langsung disantap, namun untuk memperoleh citarasa yang lebih enak alangkah baiknya dibiarkan dulu hingga semalaman dan besoknya baru disajikan.
Pada proses pembuatan kuah asinan, cuka perlu dimasukkan paling akhir ketika kuah telah dipindahkan kedalam wadah plastik. maksudnya, apabila anda memakai panci aluminium untuk merebus kuah asinan maka pemberian cuka bisa merusak panci aluminium anda. maka dari itu, pemberian cuka dilakukan paling akhir pada wadah plastik. buah-buahan yang dipakai misalnya seperti kedondong, bengkuang, mangga mengkal, nanas, timun, dan lain sebagainya. porsi dan juga potongan buah bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing. Demikian resep cara membuat asinan buah khas bogor yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Load disqus comments

0 komentar