Kamis, 07 April 2016

Resep masakan Cara Memasak Sate Kalong Gurih Dan Sedap- resepinmasakan

Cirebon adalah kota kuliner yang berada diindonesia, berbagai macam jenis makanan khas cirebon dengan aneka rasa, salah satunya yaitu adalah sate kalong. sate kalong adalah salah satu makanan yang terbuat dari daging kerbau yang diracik dengan bersih, sehingga memperoleh salah satu makanan yaitu adalah sate kalong. Namanya memang agak unik, sekilas sejarah sate kalong. kenapa kok sampai bisa terkenal dengan sebutan sate kalong? sebab pedagang atau penjual satenya keluar dagang misalnya seperti kalong ketika sore hari atau ketika matahari hampir tenggelam serta berjualan hingga pada malam hari, makannya disebut dengan sate kalong. Untuk bikin sate kalong yang terbuat dari daging kerbau tersebut, sebelum dagingnya diolah rebuslah terlebih dahulu lalu campurkan kedalam rempah-rempah dan terakhir celupkanlah kedalam gula, sehingga rasanya agak manis. dari pada anda perlu jauh-jauh pergi kecirebon cuman sebab mau mencoba sate kalong tersebut, alangkah baiknya anda mengolahnya sendiri, berikut ini adalah cara pembuatannya dan juga bahan-bahan yang dibutuhkan.

 Resep Sate Kalong
Cara Memasak Sate Kalong Gurih Dan Sedap, resep sate kalong yang lezat, cara membuat sate kalong yang nikmat

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sate Kalong Yang Enak:
  • Sediakan daging sapi 500 gram.
  • Sediakan air asam jawa 50 ml.
  • Sediakan gula merah 75 gram.
  • Sediakan daun salam 2 lembar.
  • Sediakan lengkuas 3 cm.
  • Sediakan minyak goreng 2 sdm.
Bumbu Yang Perlu Dihaluskan:
  • Sediakan bawang putih sekitar 3 siung.
  • Sediakan bawang merah 5 siung.
  • Sediakan garam 1 sdt.
  • Sediakan ketumbar 2 sdm.
Untuk Bahan Olesan:
  • Sediakan gula merah 2 sdm.
  • Sediakan kecap manis 6 sdm.
Cara Memasak Sate Kalong Yang Nikmat:
  1. Sediakan wajan lalu panaskanlah minyak setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu lengkuas, dan daun salam hingga aromanya wangi. lalu tambahkan air asam jawa dan juga gula merah, aduk-aduk hingga rata dan gulanya larut. Kemudian matikan apinya dan campurkan dagingnya aduk-aduk hingga rata.
  2. Jika telah dicampurkan lalu daging ditusuk dengan memakai tusukan sate, susun menusuk dagingnya dengan rapi. Jika semuanya sudah ditusuk kemudian campurkan bumbu olesan dan juga bumbu tumisan daging yang tadi. Celupkan daging/sate kedalam bumbu olesan tadi sebelum sate dibakar.
  3. Bakarlah sate dengan menggunakan api yang sedang supaya matangnya rata serta sempurna, sambil dibakar dan diolesi bumbu sambal kacang agar bumbunya meresap dan hasilnya lebih nikmat.
  4.  Kemudian angkat dan letakkan diatas piring saji.
Nah, bagaimana? gampang sekali bukan resep cara bikin sate kalong ini? anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan racikan anda sendiri, makanan ini akan tambah lezat jika dihidangkan dengan nasi putih yang masih hangat, lauk lainnya, sambal, dan juga lalapan. Demikian resep yang bisa saya bagikan kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.
Load disqus comments

0 komentar