Senin, 28 Maret 2016

Resep masakan Cara Memasak Tongkol Santan Pedas Dan Gurih- resepinmasakan

Bosan dengan masakan ikan yang diolah dengan cara yang sama disetiap waktu? Jika iya, maka tidak ada salahnya anda untuk mencoba resep yang akan saya bagikan kali ini. Resep ini menggunakan ikan tongkol sebagai bahan dasarnya yang kemudian dibuat bersama dengan santan kental ditambah dengan racikan bumbu-bumbu rahasia, dimana hasil akhirnya yaitu makanan yang berupa tongkol santan pedas. Sudah tidak bisa diragukan lagi bila olahan yang memakai ikan sebagai bahan dasarnya betul-betul membuat siapapun meneteskan air liur untuk mencobanya. Dengan citarasa yang pedas bersamaan dengan aroma yang khas dari bumbu rempah. paktanya jenis olahan makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasar lumayan banyak misalnya seperti gulai kepala ikan, sup ikan, lalapan ikan dan lain sebagainya. Tetapi pada kesempatan kali ini saya cuman akan membagikan resep cara memasak tongkol santan pedas dan gurih, dimana masakan tersebut telah menjadi makanan yang paling dicari diwarung makan tersebut. Anda mau mencoba masakkan tersebut dirumah dan dapat dihidangkan selagi hangat bagi keluarga anda, maka anda dapat langsung simak seperti apa cara-cara pembuatannya. Berikut ini adalah cara pembuatan serta bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan tongkol santan pedas.

 Resep Tongkol Santan
Cara Memasak Tongkol Santan Pedas Dan Gurih, resep tongkol santan pedas yang enak, cara membuat tongkol santan pedas

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tongkol Santan Enak:
  • Sediakan ikan tongkol yang masih segar sekitar 150 gram.
  • Sediakan air 500 ml.
  • Sediakan minyak goreng sesuai kebutuhan.
  • Sediakan santan kental 100 ml.
  • Sediakan jeruk nipis 1 buah, lalu ambil airnya saja.
Bumbu-Bumbu Yang Dibutuhkan:
  • Sediakan lengkuas 1 cm.
  • Sediakan daun salam 1 lembar.
  • Sediakan daun jeruk 8 lembar, lalu buang bagian tulangnya.
  • Sediakan tomat 1 buah.
  • Sediakan bawang putih 3 siung.
  • Sediakan serai 1 batang.
  • Sediakan cabe merah 8 buah, lalu iris serong.
  • Sediakan kaldu sesuai kebutuhan.
  • Sediakan gula merah 1 sdt
  • Sediakan jahe 1 ruas.
  • Sediakan bawang merah 5 buah, lalu iris tipis.
Tips Cara Membersihkan Ikan Tongkol:
  1. Bersihkan ikan tongkol yang sudah anda beli supermarket ataupun pasar tradisional. ikan dicuci dibawah air bersih yang mengalir. Usahakan tidak ada lendir serta kototran ikan pada permukaan kulit ikan.
  2. Insang ikan dibersihkan. caranya yaitu dengan menggunakan tangan untuk membuang insang pada bagian kepala ikan kemudian cek lagi takutnya masih ada kuman ataupun kotoran yang menempel.
  3. Sesudah insang bersih, kemudian bersihkan perut ikan. siapkan pisau lalu belah perut ikan. apabila perut ikan berhasil dibelah setelah itu keluarkan jeroan perut ikan. Usahakan tidak ada satu bagian jeroan yang tertinggal didalam perut ikan.
  4. Ikan tongkol dibagi menjadi 3/4 potong. Dapat pula disesuaikan dengan selera anda.
  5. Ikan tongkol dilumuri dengan campuran garam serta air jeruk nipis kurang lebih sekitar 15 menit. agar bumbunya bisa meresap dengan baik.
Cara Memasak Tongkol Santan Pedas Nikmat:
  1. Apabila bumbu telah meresap, maka ikan tongkol bisa anda goreng dengan menggunakan minyak panas, namun jangan sampai terlalu kering menggorengnya. gorenglah ikan hingga berkulit saja.
  2. Sediakan wajan tambahkan minyak goreng kedalam wajan, kemudian tunggu sampai minyak goreng panas setelah itu masukkan bawang putih dan juga bawang merah. lalu tumis hingga aromanya wangi.
  3. Apabila sudah wangi, lalu tambahkan bumbu yang lainnya.
  4. Jika tumisan telah matang, maka tambahkan air dan tunggu hingga kuah mendidih dengan rata.
  5. Ikan tongkol dicampurkan, kemudian tambahkan kaldu serta garam. Tututplah masakan dan masak hingga bumbunya meresap.
  6. Jika kuah telah meresap, tambahkan santan serta masukkan santan dan aduk-aduk hingga kuah santan mendidih. setelah itu angkat dan hidangkan.
Nah, Bagaimana? gampang sekali bukan resep cara bikin tongkol santan pedas ini? anda semua bisa langsung mempraktekkannya dirumah dengan kreasi anda msing-masing. apabila ada dari keluarga anda ada yang kurang menyukai pedas maka anda bisa mengurangi jumlah cabenya sesuai dengan selera anda. Mungkin cuman itu resep yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Load disqus comments

0 komentar